DAMPAK IKLAN DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI PRODUK OLI CASTROL DI INDONESIA

Suryati Eko Putro

Abstract


Dalam perkembangan Periklanan, Iklan dapat dilakukan di berbagai macam media seperti (surat kabar dan media) maupun elektronik (radio dan televisi) namun produk yang diiklankan melalui televisi memiliki beberapa keuntungan yaitu jangkauannya luas, juga adanya unsur hiburan yang sangat mendukung dalam pembentukan persepsi konsumen terhadap produk tersebut, karena sebuah Iklan harus dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menarik minat konsumen serta menguasai pasar. Dengan empat variabel yang berhubungan meliputi : A (Avertising), A (Attitude), I (Purchase_Intention) dimana masing-masing variabel berinteraksi dan saling mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak iklan dan sikap konsumen terhadap minat beli Oli Merek Castrol di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sample yaitu sampel yang dipilih berdasarkan responden yang ditemui secara kebetulan oleh peneliti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 orang yang pernah melihat iklan dan menggunakan Oli Castrol Di Surabaya. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 4.01.

Kata kunci : iklan, sikap konsumen, minat beli.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04