REPRESENTASI METROSEKSUAL PADA FASHION STEFANDY YANATA HARILASSO (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Foto Stefandy Yanata Harilasso pada Akun Instagram @Andyyanata)

Anisa Dwi Pramesti, Dina Anik Rahayu, Ade Kusuma

Abstract


Fashion menjadi bagian dari gaya hidup individu. Fashion memberikan gambaran tentang bagaimana
identitas sosial seseorang. Pandangan tradisional membagi dan membedakan pakaian dan aksesoris
berdasarkan gender tertentu. Merah muda atau pink adalah warna yang melekat pada para perempuan,
sedangkan biru selalu identik dengan laki-laki. Namun pada masyarakat modern dan perkotaan, fashion
mengalami pergeseran yang cukup berarti. Kehadiran sosok metroseksual di Indonesia memberikan
image baru tentang bagaimana gaya hidup dan selera laki-laki perkotaan yang modern. Berdasarkan
fenomena tersebut peneliti tertarik melihat bagaimana representasi metroseksual yang ditampilkan
pada akun Instagram @andyyanata atau Stefandy Yanata Harilasso, seorang selebgram yang modis dan
merupakan seorang beauty enthusiast. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan semiotika Roland Barthes. Melalui foto-foto Stefandy di akun Instagram @andyyanata
peneliti melihat bagaimana tampilan gaya berpenampilan laki-laki yang modern, tanpa menghilangkan
unsur maskulinitas seperti halnya sosok yang tegas, kuat, dan mendominasi, namun juga berani
menampilkan sisi feminitas dalam kaitannya dengan pilihan fashion. Hasil penelitian ini juga
menjelaskan bahwa metroseksual adalah gambaran identitas dan gaya hidup yang tercermin dari
fashion laki-laki modern dan perkotaan.
Kata Kunci: Representasi, Metroseksual, Fashion, Semiotika.

Full Text:

PDF

References


Ardani, Desak Gede Risna., Maylanny Christin, & Adi

Bayu Mahadian. 2015. Representasi

Metroseksual Pada Fashion Balita (Analisis

Semiotika Roland Barthes Terhadap Foto

Daffa Abyan Sofa Pada Akun Instagram@

daffa_sofa). eProceedings of Management:

Vol. 2, No. 3 Desember 2015 https://library

eproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.ph

p/management/article/view/2549

Ardia, Velda. 2015. Representasi Maskulinitas

Dalam Iklan Yamaha Cbu Dan Yamaha Yzf

R15 (Studi Analisa Semiotika Roland

Barthes). Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi,

Volume 3, No. 2, Jan-April 2015. Ejurnal.lppmunsera.org

Barthes, Roland. 2013. The Language of Fashion. UK

: Bloomsbury

Bernard, Malcolm. 2006. Fashion Sebagai

Komunikasi. Bandung : Jalasutra

Budiman, Kris. 2005. Semiotika Visual. Yogyakarta :

Pustaka Pelajar

Fadila, Yogie. 2018. #BFA2018: 7 Fakta Stefandy

Yanata, Selebgram Yang Cinta Dunia Seni.

Idntimes.com https://www.idntimes.com/

hype/entertainment/yogie/bfa2018-7-faktastefandy-yanata-selebgram-yang-cinta-duniaseni-1/7

Flocker, Michael. 2003. The Metrosexual Guide to

Style : A Handbook for the Modern Man. USA :

Da Capo Press

Hall, Matthew. 2015. Metrosexual Masculinities.

London : Palgrave Macmillan

Hall, Stuart. 2003. Representation : Cultural

Representations and Signifying Practices.

London : Sage Publications Ltd

Ida, Rachmah. 2011. Metode Penelitian : Kajian

Media dan Budaya. Surabaya : Airlangga

University Press

Jandt, Fred E. 2004. An Introduction to Intercultural

Communication : Identities in a Global

Community. London : Sage Publications

Kompas.com. 2017. Percaya Diri dengan Tampil

“Matching” . https://biz.kompas.com/

read/2017/09/06/125359828/percaya-diridengan-tampil-matching

Mulyana, Deddy. 2017. Ilmu Komunikasi : Suatu

Pengantar. Bandung : Rosda

Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media. Bandung :

Remaja Rosdakarya

Sunardi, ST. 2004. Semiotika Negative. Yogyakarta :

Buku Baik

Suryadi, Dede. 2015. Pemuda 19 Tahun Menangkan

Sebuat Nissan March Dari Kompetisi

MarchlnVashion. Autonetmagz.com

https://autonetmagz.com/pemuda-19-

tahun-menangkan-sebuah-nissan-marchdari-kompetisi-marchinvashion/27253/

Trisnawati, RT Dwi Septya. 2018. Konsep Diri Pria

Metroseksual Di Kota Bandar Lampung

Dalam Perspektif Fenomenologi. Skripsi.

Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu

Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

http://digilib.unila.ac.id/32429/10/SKRIPSI

%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04