REPRESENTASI METROSEKSUAL PADA FASHION STEFANDY YANATA HARILASSO (Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap Foto Stefandy Yanata Harilasso pada Akun Instagram @Andyyanata)
Abstract
identitas sosial seseorang. Pandangan tradisional membagi dan membedakan pakaian dan aksesoris
berdasarkan gender tertentu. Merah muda atau pink adalah warna yang melekat pada para perempuan,
sedangkan biru selalu identik dengan laki-laki. Namun pada masyarakat modern dan perkotaan, fashion
mengalami pergeseran yang cukup berarti. Kehadiran sosok metroseksual di Indonesia memberikan
image baru tentang bagaimana gaya hidup dan selera laki-laki perkotaan yang modern. Berdasarkan
fenomena tersebut peneliti tertarik melihat bagaimana representasi metroseksual yang ditampilkan
pada akun Instagram @andyyanata atau Stefandy Yanata Harilasso, seorang selebgram yang modis dan
merupakan seorang beauty enthusiast. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan semiotika Roland Barthes. Melalui foto-foto Stefandy di akun Instagram @andyyanata
peneliti melihat bagaimana tampilan gaya berpenampilan laki-laki yang modern, tanpa menghilangkan
unsur maskulinitas seperti halnya sosok yang tegas, kuat, dan mendominasi, namun juga berani
menampilkan sisi feminitas dalam kaitannya dengan pilihan fashion. Hasil penelitian ini juga
menjelaskan bahwa metroseksual adalah gambaran identitas dan gaya hidup yang tercermin dari
fashion laki-laki modern dan perkotaan.
Kata Kunci: Representasi, Metroseksual, Fashion, Semiotika.
Full Text:
PDFReferences
Ardani, Desak Gede Risna., Maylanny Christin, & Adi
Bayu Mahadian. 2015. Representasi
Metroseksual Pada Fashion Balita (Analisis
Semiotika Roland Barthes Terhadap Foto
Daffa Abyan Sofa Pada Akun Instagram@
daffa_sofa). eProceedings of Management:
Vol. 2, No. 3 Desember 2015 https://library
eproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.ph
p/management/article/view/2549
Ardia, Velda. 2015. Representasi Maskulinitas
Dalam Iklan Yamaha Cbu Dan Yamaha Yzf
R15 (Studi Analisa Semiotika Roland
Barthes). Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi,
Volume 3, No. 2, Jan-April 2015. Ejurnal.lppmunsera.org
Barthes, Roland. 2013. The Language of Fashion. UK
: Bloomsbury
Bernard, Malcolm. 2006. Fashion Sebagai
Komunikasi. Bandung : Jalasutra
Budiman, Kris. 2005. Semiotika Visual. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar
Fadila, Yogie. 2018. #BFA2018: 7 Fakta Stefandy
Yanata, Selebgram Yang Cinta Dunia Seni.
Idntimes.com https://www.idntimes.com/
hype/entertainment/yogie/bfa2018-7-faktastefandy-yanata-selebgram-yang-cinta-duniaseni-1/7
Flocker, Michael. 2003. The Metrosexual Guide to
Style : A Handbook for the Modern Man. USA :
Da Capo Press
Hall, Matthew. 2015. Metrosexual Masculinities.
London : Palgrave Macmillan
Hall, Stuart. 2003. Representation : Cultural
Representations and Signifying Practices.
London : Sage Publications Ltd
Ida, Rachmah. 2011. Metode Penelitian : Kajian
Media dan Budaya. Surabaya : Airlangga
University Press
Jandt, Fred E. 2004. An Introduction to Intercultural
Communication : Identities in a Global
Community. London : Sage Publications
Kompas.com. 2017. Percaya Diri dengan Tampil
“Matching” . https://biz.kompas.com/
read/2017/09/06/125359828/percaya-diridengan-tampil-matching
Mulyana, Deddy. 2017. Ilmu Komunikasi : Suatu
Pengantar. Bandung : Rosda
Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media. Bandung :
Remaja Rosdakarya
Sunardi, ST. 2004. Semiotika Negative. Yogyakarta :
Buku Baik
Suryadi, Dede. 2015. Pemuda 19 Tahun Menangkan
Sebuat Nissan March Dari Kompetisi
MarchlnVashion. Autonetmagz.com
https://autonetmagz.com/pemuda-19-
tahun-menangkan-sebuah-nissan-marchdari-kompetisi-marchinvashion/27253/
Trisnawati, RT Dwi Septya. 2018. Konsep Diri Pria
Metroseksual Di Kota Bandar Lampung
Dalam Perspektif Fenomenologi. Skripsi.
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu
Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.
http://digilib.unila.ac.id/32429/10/SKRIPSI
%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04