IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR

Wiwin Priana, Hery Pudjo, Sishadiyati Sishadiyati, Nuruni Ika K W

Abstract


Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan link and match dengan Industri, dunia kerja, penelitian dan kebutuhan desa, kecamatan, kabupaten/ kota, provinsi, negara dan dunia. Kampus Merdeka merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipya kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, karena berdasarkan sebuah fenomena yang terjadi dalam proses pembelajaran.. Subjek penelitian yaitu tiga orang dosen dan sepuluh orang mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan teknik triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang kemerdekaan belajar di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur dapat dismpulkan antara lain: Berdasarkan analisis hasil wawancara tentang kemerdekaan berpikir di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, bahwa penerapannya sudah dilakukan dengan cukup baik, karena melatih mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya secara baik.Sesuai dengan hasil penelitian bahwa penerepan kemerdekaan berinovasi di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur berjalan dengan efektif dikarenakan mahasiswa mampu berrinovasi dengan baik melalui berbagai cara yang digunakan seperti menemukan ide-ide baru dalam proses pembelajaran, menciptkan karya inovasi seperti melakukan presentasi tugas dengan vidio yang di upload ke youtube. Sehingga kemerdekaan berinovasi perlu dipertahankan dalam proses belajar. Bahwa implementasi belajar secara mandiri dan kreatif berjalan secara baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir mahasiswa secara baik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian proses belajar secara mandiri dan kreatif perlu dipertahankan untuk pembelajaran yang bermutu.
Kata kunci : Merdeka Belajar, mandiri, kreatif dan inovasi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arimbi, Y. D. (2018) Meningkatkan Perkembangan Kognitif melalui Kegiatan Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 3 (2), hal. 70

Darmawan, D. & Permasih. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Djadjuri, D (2010) Mengajar. Bandung: Remadja Karya.

Husaini Usman. Manajemen Teori,Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta:BumiAksara. 2013.

Kadi, Titi & Awwaliyah, Robiatul (2017). Inovasi Pendidikan: Upaya Penyelesaian Probematika dindonesia. Jurnal Islam Indonesia. Volume 01 No. 02, Desember 2017

Kaifa. 2013 Syaiful Sagala. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2007. Syaiful Sagala. Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat (strategi memenangkan persaingan mutu). Jakarta:

Lyz, N., Prima, A., Opryshko, A. (2020). The role of students’ life course conception in their self- development. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education (IJCRSEE), 8(1), hal. 37

Madani. 2013 Munif Chatib. Gurunya Manusia, Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Bandung :

Made Pirdata. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Bina Aksara. 1998. Moh. Yamin. Ideologi & Kebijakan Pendidikan, Menuju Pendidikan Berideologis dan Berkarakter.Malang :

Media, Kompas. "Terobosan Merdeka Belajar Nadiem Makarim, Ubah Sistem Zonasi hingga Hapus UN". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2020-04-14.

Mujiman, H. (2007). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Nimas multima. 2004. Widya Ningsih. "Merdeka Belajar melalui Empat Pokok Kebijakan Baru di Bidang Pendidikan ". Diakses tanggal 2020-04-14.

Sutarno. (2005). Tanggung jawab Perpustakaan Dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi. Jakarta: Panta Rei

Syafaruddin, D. (2012). Inovasi Pendidikan (Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan). Medan: Perdana Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04