ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUMAHAN MANDIRI RESIDENCE DI KRIAN SIDOARJO

Ety Dwi Susanti

Abstract


Abstract

This study aims to examine and analyze the effect of the payment system, price, design and location of the decisions of buyers and residential customer satisfaction Mandiri Residence at Krian Sidoarjo.
Sample of this study totaled 105 respondents consisting of consumer PT. Bersama Makmur Abadi Housing buy a home in Mandiri Residence at Krian Sidoarjo. Data obtained through the deployment and collection questionnaire. This research applies Structure Equation Modeling (SEM) with a program Analysis of Moment Structure (AMOS).
Model of the relationship between the variables studied resulted in a payment system, price, design and location affect the decision of the buyer and consumer satisfaction. But that has direct influence on customer satisfaction and payment systems only temporary buyer's decision variable price, the design and location of the effect is not significant to customer satisfaction.
Key word : payment systems, price, design, location and the purchase decision

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh sistem pembayaran, harga, desain dan lokasi terhadap keputusan pembeli dan kepuasan pelanggan residensial Mandiri Residence Krian Sidoarjo.
Sampel penelitian ini berjumlah 105 responden yang terdiri dari konsumen PT. Perumahan Bersama Makmur Abadi membeli rumah di Mandiri Residence di Krian Sidoarjo. Data diperoleh melalui penyebaran dan pengumpulan kuesioner. Penelitian ini menerapkan Structure Equation Modeling (SEM) dengan program Analysis of Moment Structure (AMOS).
Model hubungan antar variabel yang diteliti mengakibatkan sistem pembayaran, harga, desain dan lokasi mempengaruhi keputusan pembeli dan kepuasan konsumen. Namun yang berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan dan sistem pembayaran hanya variabel keputusan pembeli sementara harga, desain dan lokasi pengaruhnya tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: pembayaran, harga, desain dan lokasi terhadap keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Afandy, Muhammad Nur, 2010, Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Perumahan Pada PT. Ayodya Puri Nugraha Di Purwodadi Grobogan, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi revisi. Bandung : Alfabeta.

Appraisal Institute, 2015. The Dictionary of Real Estate Appraisal. Illinois: Appraisal Institute.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Cahyana, J., & Sudaryatmo. 2015. Rumahku Istanaku: Panduan Membeli Rumah Hunian. Jakarta: PT. Gramedia.

Djaja, Sutrisno, 2010, Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Studi Pembelian Rumah Sangat Sederhana Tipe 36 MeAlalui KPR – BTN di Kota Administrasi Jember, Jurnal Wacana Vol 13 No. 1, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, Malang

Firdaos, Awang , 2017. "Permintaan dan Penawaran Perumahan" Valuestate, Vol. 007, Jakarta.

............., 2005. "Analisis Pengaruh Jarak ke Jalan Lingkar Luar terhadap Nilai Jual Property Perumahan di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta", Jurnal Survey dan penilaian, Vol .001, Jakarta.

Galaty, F. 2015, Modern Real Estate Practice.Illinois : Dearborn Real Estate Education

Ghozali, Imam. 2013. Konsep dan Aplikasi Dengan Program Amos 21.0. Universitas Dipenogoro. Semarang

Hadi, Sutrisno. 2015. Analisis Butir Untuk Instrumen Angket,Tes, dan Skala Nilai dengan BASICA. Edisi Pertama,cetakan pertama. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Kotler, Philip 2017, Manajemen Pemasaran: Analisis, perencanaan, implementasi dan Kontrol, Jilid II. Jakarta : Prenhallindo

............, Philip & Anderson. 2012. Marketing Manajemen, Analysis, Planing, Implementation, and Control, Edisi Ketujuh, Englewood Cliff, New Jersey Prentice- Hall Inc

............, Philip & Keller. 2009. Marketing Manajemen, Analysis, Planing, Implementation, and Control, Edisi Ketujuh, Englewood Cliff, New Jersey Prentice- Hall Inc

Lamb, Hair, and McDaniel, 2012, “Principles of Marketing”, Cincinnati, Ohio, South-Western Publishing Co

Lupiyoadi, Rambat, 2015. Edisi Pertama, Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta : Salemba Empat

Mulyono , Bayu Hadyanto, 2014, Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Perumahan Puri Mediterania semarang, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Mursid, M. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara

Nasir. Moh., 2015, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta Nitisemito, Alex. 2012. Marketing, Jakarta : Ghalia Indonesia

Nasution. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia

Pindyck, Robert.S dan Rubinfeld, Daniel.L. 2017. Mikroekonomi, Edisi Keenam, Jilid 1. PT.Indeks. Jakarta.

Schiffman, L.G dan Kanuk, Lesley L, 2017. Consumer Behavior, New Jersey: Perason, Prestice Hall

Sinaga, Sahmadin, 2010, Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian rumah sehat sederhana (RSH) pada perumahan Rhabayu Batam, Tesis Program Pascasarjana Universitas Terbuka, Jakarta

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta

------------.2014. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Swastha, Basu DH. dan Irawan. 2015. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty

Swasta, Basu DH, 1999. Azas-Azas Manajemen Modern. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy 2014, Strategi Pemasaran, Yogyakarta, penerbit: Andi offset,

William J Stanton 2012. Fundamental Of Marketing. Boston : Mc Graw Hill Inc


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04