ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Pelanggan IndiHome di STO Injoko Witel Surabaya Selatan)

Aulia Nur Rahmawati, Luky Susilowati

Abstract


Abstrak

Dengan penggunaan internet yang semakin pesat, menjadikan peluang bagi operator layanan telekomunikasi untuk dapat memberikan kapasitas berinternet dengan murah, cepat, dan tanpa batas. Para perusahaan layanan internet berlomba-lomba dalam melakukan inovasi dalam upaya untuk menyesuaikan keinginan pasar agar dapat menarik minat calon pelanggan. Dalam situasi yang kompetitif seperti saat ini, perusahaan harus berupaya untuk mempertahankan pelanggannya dengan cara meningkatkan kepuasan pelanggan, serta memunculkan persepsi harga yang baik bagi para pelanggan agar pelanggan tersebut tidak berpindah ke perusahaan yang lain. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan IndiHome di STO Injoko Witel Surabaya Selatan. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan sampling yang digunakan 100 responden. Pengambilan sample menggunakan teknik purposive.
Data yang digunakan adalah data primer, sedangkan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan IndiHome di STO Injoko Witel Surabaya Selatan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04