PELAYANAN PUBLIK DI RUMAH SAKIT UMUM Dr SOETOMO SURABAYA

Sulastri Sulastri

Abstract


Munculnya Peraturan Daerah No. 11 Tahun 2005 mengenai pelayanan publik di Lingkungan Propinsi Jawa Timur menjadikan Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo Surabaya yang merupakan salah satu instansi yang memberikan pelayanan publik diharuskan menyusun standar pelayanan publik sesuai dengan peraturan daerah No. 11 Tahun 2005. Hal ini dapat diketahui melalui data pengaduan pada tahun 2006 sebanyak 3.0 pengaduan dan tahun 2018 sebanyak 10 pengaduan. Banyaknya pengaduan membuat aparatur rumah sakit umum Dr. Soetomo Surabaya menjadi lebih waspada dalam melaksanakan pelayanan publik. Masalah tersebut menjadikan penelitian ini sangatlah penting untuk dilakukan, dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui upaya Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya dalam melaksanakan standar pelayanan publik.
Pada penelitian ini menggunakan model manajemen pelayanan (Ratminto dan atik septi winarsih). Model ini tepat sebagai alat analisis dalam penelitian ini disebabkan dengan menggunakan model ini dapat dikaji upaya rumah sakit umum Dr. Soetomo dalam pelaksanaan standar pelayanan publik.
Hasil dalam penelitian ini yaitu terdapat kendala yang ada di Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo tentang pelaksanaan pelayanan publik yaitu terutama pada aspek pemahaman aparaturnya, terlebih pada aparatur rumah sakit pada golongan bawah.Walaupun sosialisasi standar pelayanan publik sudah pada level paling rendah namun masih di jumpai aparatur yang masih belum mengetahui tentang standar pelayanan publik. Kendala tersebut bisa diatasi oleh pihk Rumah Sakit Umum Dr.Soetomo Surabaya dengan lebih intensif mengadakan sosialisasi tentang Standar Pelayanan Publik

Kata kunci : Standar Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan, Metode Penelitian Sosial (Format formatkuantitalif dan kualitatif, Airlangga University Press Syrabaya, 2001.

Departemen Kesehatan RI, Pedoman Kerja Rumah Sakit Umum, 2004.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/1VI.PAN/7/2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan public

Manulang, Dasar-dasar manajemen. Gadjah Mada Universitas press, 2001

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: Per/20/M.PAN/04/20060 tentang pedoman penyusunan Standar Pelayanan Publik.

Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur Nomor II tahun 2005 tentang pelayanan publik di Propinsi Jawa Timur.

Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Balai pustaka, 1984.

Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indosesia, Balai pustaka., 1986.

Ratnawati, Susi, Dasatidasar Manajemen, 2005.

Riyadi, Slamet, Public Health Publication (1/mu kesehatan masyarakat), Usaha Nasional Syrabaya, 2003.

Sadoadi, Kumpulan Kulia Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas kedokteran Unair Surabaya, 2002.

Tjokroamidjojo, Pengantar Administrasi Pembangunan, LP2ES, 2000.

Winarsih Atik septi & Ratminto, Manajemen Pelayanan ( Pengembangan model konseptual, penerapan citizens charter dan standar pelayanan minimal), Pustaka pelajar, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sosial Ekonomi dan Politik diterbitkan oleh Asosiasi Sarjana Sosial Ekonomi dan Politik Indonesia (ASSEPI). Nomor E-ISSN 2721-8201 berdasarkan SK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) No 0005.27218201/JI.3.1/SK.ISSN/2020.04